RSS

Kesalahan Dalam Desain

20 Apr

Desainer dalam melakukan kegiatannya seringkali dihadapkan pada permasalahan yang sangat komplek sehingga tidak jarang melakukan banyak kesalahan. Jenis kesalahan ini bisa bermacam macam dari mulai tahap programming hingga pada tahap eksekusi.

Kesalahan desain yang paling fatal tentu saja terdapat dalam tahap eksekusi di mana hasil final sudah mulai terbentuk dan proses feedback hanya mungkin dilakukan dengan pembongkaran. Persoalan yang muncul dari kesalahan ini bisa jadi akan sangat merugikan secara materiil karena waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan. Namun demikian tidak semua kesalahan dalam desain berakhir buruk.

Tulisan ini akan membahas beberapa maha karya desain yang merupakan hasil dari kesalahan desain. Sejarah membuktikan bahwa desain yang dibangun dengan idealisme dan optimisme pun kadang harus mengalami nasib tragis seperti perumahan Pruitt Igoe di Amerika. Sedangkan desain yang dibangun karena kesalahan perhitungan justru menjadi masterpiece dan landmark yang mengundang decak kagum dan apresiasi tinggi.

Contoh paling menonjol dari kesalahan design ini adalah Menara Pisa di Italia. Menara pisa menjadi bangunan yang masyur karena kesalahan perhitungan kekuatan tanah untuk menahan beban bangunan yang begitu masif. Berat bangunan mendesak pondasi sehingga menara tersebut miring beberapa centimeter. Kesalahan fatal ini cukup untuk membuat sebuah gedung bertingkat di dunia Modern diratakan dengan tanah, namun untuk menara Pisa cerita dan kasusunya sedikit berbeda. Cacat design dan ketidak sempurnaanya justru menjadikannya unik dan terkenal

 
Leave a comment

Posted by on 20/04/2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: