RSS

MAKAN DI RUANG MAKAN

25 Jun

Berapa banyak masyarakat Indonesia yang memiliki ruang makan? Belum ada data survey resmi yang menyakatan jumlahnya yang pasti. Satu hal yang pasti ruang makan tidak memiliki alokasi ruang yang khusus di rumah tradisional Jawa. Rumah tradisional Jawa memang meiliki dapur yang luas dan tempat untuk duduk yang mampu mengakomodasi orang dalam jumlah besar akan tetapi hal ini tidak identik dengan ruang makan. Ruang makan yang kita kenal sekarang ini merupakan ruang khusus yang di dalamnya terdapat meja makan dan segala perlengkapannya. Ruang ini biasanya digunakan pada saat jam makan entah itu sarapan, makan siang dan makan malam. Di luar jam jam tersebut ruang makan sangat jarang digunakan, terutama jika rumah tersebut memiliki banyak ruang khusus, seperti ruang belajar, ruang TV, ruang keluarga dan ruang kerja.

Ruang makan sederhana dengan keluasan yang "intim" bisa mendekatkan hubungan keluarga

Banyak rumah tinggal modern di Indonesia yang menggabungkan fungsi ruang makan dan dapur. Tidak jarang ruang keluarga dan ruang makan juga digabung dalam satu ruangan besar. Apapun konfigurasi ruangnya, cirikhas yang menandai sebuah ruang makan adalah adanya satu set meja makan dan kursi makannya. Dalam gambaran keluarga ideal di TV Indonesia, ruang makan merupakan sarana untuk membina keakraban dengan anggota keluarga lain pada saat makan malam atau makan pagi. Gambaran ini sebetulnya mengandung bias jika dilihat dari ketersedian ruang makan di rumah rumah masyarakat Indonesia pada umumnya.

Rumah tipe 21 biasanya tidak memiliki ruang makan, rumah rumah petak juga tidak memiliki ruang makan. Fakta ini menunjukkan bahwa sebagian masyarakat Indonesia tidak memiliki ruang makan untuk membina komunikasi intensif dengan anggota keluarga lainnya. Lantas apakah itu berarti rumah yang tidak memiliki ruang makan tidak memiliki ikatan kekeluargaan yang erat? Sejauh ini belum ada riset yang mencoba untuk membuktikan hipotesis ini, akan tetapi menarik untuk dicermati berapa waktu yang dihabiskan satu keluarga di ruang makan. Waktu makan biasanya tidak lebbih dari satu jam dan komunikasi yang terjadi saat makan tentunya akan terganggu karena adanya santapan lezat yang harus dikunyah.

Kultur masyarakat timur sebetulnya juga tidak menganjurkan untuk makan sambil mengobrol. Besar kemungkinan komunikasi yang terjadi hanya sebatas percakapan ringan atau sekedar menanyakan kabar. Barangkali memang bukan itu tujuan makan bersama dalam satu keluarga. Makanan yang kita nikmati akan terasa lebih lezat jika disantap bersama sama dan suasana kebersamaan juga akan semakin menambah nikmatnya hidangan yang ada. Tentu saja asumsi dasar dari situasi ini harus dipenuhi terlabih dahulu yaitu adanya hubungan yang akrab dengan sesame anggota keluarga. Bukan rahasia lagi jika situasi hubungan kelurga di Indonesai saat ini tidak selalu mesra. Kadangkala ayah berselisih paham dengan anak, ayah dengan ibu atau kakak dengan adik. Dalam situasi permusuhan semacam ini, makan bersama justru akan semakin menghilangkan selera makan dan membuat perut semakin mual.

Bisa jadi makan bersama dalam konteks yang kita bayangkan seperti di drama drama TV Indonesia memang gambaran ideal yang indah, akan tetapi jika dilihat dari struktur ruang rumah rumah tradisional Indonesia kebiasaan makan bersama tersebut terasa begitu formal dan cenderung elit. Kemugkinan masyarakat tradisional Indonesia memang memiliki kebiasaan makan bersama akan tetapi dengan cara yang lebih santai seperti berkumpul di teras rumah, disekitar tungku di dapur atau di ruang serba guna. Memiliki ruang khusus untuk menikmati makan memang baik akan tetapi makan yang baik bisa dilakukan dimana saja asal bersama….bahkan di atas tempat tidur sekalipun seperti dua pengantin baru yang hanya mampu mengontrak satu kamar tidur di sudut kota yang ramai

 
Leave a comment

Posted by on 25/06/2010 in Design And Architecture

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: