RSS

Air dan symbol kemewahan dalam desain

26 Apr

Air merupakan elemen lingkungan yang biasa kita jumpai sehari hari. Keberadaanya dapat kita lihat ditempat yang paling mulia dan paling jorok di muka bumi ini. Situs situs situs sejarah dan agama sering memiliki tempat tempat yang menampung air suci baik berupa kolam, pancuran atau mata air. Ironisnya air juga dapat ditemukan dalam comberan hitam berbau bangkai dan dianggap najis.

Sejarah peradaban manusia mencatat bahwa air merupakan elemen desain yang mengandung symbol kemewahan. Lihatlah desain vila-vila Romawi yang memiliki kolam kolam air dan pancuran. Taman-taman kerajaan juga memiliki kolam kolam untuk pemandian dan berekreasi di mana raja menghabiskan waktu senggangnya bersama permaisuri.

Simbol kemewahan ini tercipta karena nilai capital yang terkandung dalam pembuatan fasilitas tersebut. Membuat kolam berskala besar tentu membutuhkan biaya yang banyak dan perawatan yang berkesinambungan. Tidak semua orang mampu untuk membangun dan merawatnya.

Fasilitas yang dibangun dengan elemen air biasanya dianggap sebagai elemen tersier dan bukan prioritas utama. Meskipun terdengar aneh, kenyataan menunjukkan bahwa kamar mandi bukanlah elemen utama yang harus dimiliki dalam satu rumah tangga. Jika rumah tersebut berada di wilayah yang memiliki sumber air melimpah dan keadaan ekonomi kurang memungkinkan untuk membangun kamar mandi, maka bisa dipastikan rumah tangga tersebut akan memilih sumber air tersebut untuk keperluan mandi.

Masyarakat modern menganggap rumah-rumah yang memiliki kolam renang sebagai rumah orang berada. Jika di dalamnya terdapat akuarium raksasa maka citra “orang berada” ini semakin menguat. Elemen air terjun di dalam ruang yang didisain secara artistic pernah menjadi symbol status kelas menengah ke atas pada era 90-an. Rumah rumah mewah pada saat itu biasanya memiliki karang buatan dan air terjun mini lengkap dengan kolam ikannya.

Efek yang ditimbulkan dari desain yang menggunakan elemen air ini memang menyejukkan dan menenangkan. Kondisi ini secara sosiologis berhubungan erat dengan keadaan orang kaya yang sibuk dan stress sehingga membutuhkan ketenangan di dalam rumahnya.

Efek ketenangan ini sebetulnya memiliki imbas di skala yang lebih besar. Lingkungan kota yang memiliki desain lingkungan air yang bersih dan Indah juga akan memberikan ketenangan bagi warganya. Desain lingkungan air yang baik disatu kota bisa jadi merupakan indicator ekonominya. Sama halnya dengan rumah orang berada yang memiliki kolam renang yang terawat rapi, kota “orang berada” seharusnya juga memiliki sungai sungai yang bersih dan teratur.

 
Leave a comment

Posted by on 26/04/2010 in Design And Architecture

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: