RSS

Pengertian dasar Desain Interior

28 Apr

Kata desain dalam pengertian dasarnya adalah satu kegiatan untuk memecahkan masalah, Pengertian ini mengandung aktifitas inovasi dan rekayasa dalam rangka menembus kendala atau constrain yang melingkupi satu permasalahan desain. Permasalahan desain tidak selalu muncul dalam bentuk yang nyata dan terdefinisi dengan jelas. Seringkali masalah tersebut terselubung dan hanya tampak samar samar di permukaan.

Tugas desainer adalah menggali permasalahan dan mendefinisikan masalah desain dengan tegas dan jelas. Proses penggalian masalah ini lazim disebut sebagai programming. Programming umumnya dimulai dengan pengumpulan data awal baik berupa kondisi existing ataupun kebutuhan kebutuhan proyek yang diinginkan klien.

Desainer kemudian menganalis kondisi existing dan kebutuhan klien untuk merumuskan konsep dasar dalam desain. Masalah desain biasanya terungkap selama proses analisis ini. Benturan benturan antara kondisi yang ada dengan kebutuhan klien adalah masalah pertama yang harus dipecahkan, akan tetapi analisis yang baik mampu mengungkapkan permasalahan yang lebih spesifik dan manageable untuk dipecahkan.

Setelah masalah terdefinisi dengan jelas desainer dapat mengajukan konsep pemecahan dengan beberapa kalimat yang tegas atau sketsa sketsa skematik. Konsep desain yang terartikulasi dengan baik dapat menjadi sarana komunikasi efektif antara desainer dan kliennya. Melalui konsep ini desainer dank lien dapat bertukar ide, memberikan revisi awal dan memberikan feedback untuk perbaikan desain.

Proses ini merupakan development awal dari kegiatan “mendesain” dan memiliki peran penting bagi pengembangan lanjutan yaitu gambar kerja. Gambar kerja merupakan pengembangan detail dari rencana rencana skematis yang telah disepakati. Gambar kerja mampu mengungkapkan kondisi riil desain dan dapat dijadikan dasar untuk perhitungan biaya dan waktu penyelesaian.

Sketsa desain untuk presentasi awal

Dalam websitenya NCIDQ ( National Council For Interior Designer Qualification ) lembaga sertifikasi professional untuk bidang desain interior di Amerika menyebutkan bahwa desainer interior adalah profesi multi disiplin yang melibatkan kreativitas dan solusi teknologi yang diterapkan dalam struktur untuk mencapai kondisi lingkungan ruang dalam yang terbangun dengan baik. Solusi dalam desain interior bersifat fungsional, meningkatkan kualitas kehidupan dan budaya pemakai ruang serta menyenangkan secara estetis.

Desain diwujudkan untuk merespons dan terkoordinasi dengan kondisi bangunan yang ada dengan mempertimbangan kondisi fisik dan socio-cultural dimana desain tersebut dibangun. Untuk itu desain interior harus mempertimbangkan peraturan dan regulasi bangunan setempat dan mengadopsi prinsip lingkungan keberlanjutan.

Desain interior dalam proses perencanaannya mengikuti serangkaian metode yang dapat dipertanggungjawabkan dan sistematis meliputi beberapa tahapan yaitu : riset, analisis dan integrasi pengetahuan dalam satu proses kreatif.

Desain Interior adalah suatu upaya sadar atau kegiatan untuk memacahkan permasalahan ruang dalam yang bertujuan mencapai keseimbangan estetis, fungsi, ekonomi dan makna. Masalah-masalah desain timbul dari kondisi kondisi tertentu yang berubah dalam setiap proyek desain. Tantangan bagi desainer terletak pada inovasi pemecahan masalah yang ada, akan tetapi kemampuan desainer untuk menggali masalah merupakan modal utamanya dalam proses berkreasi.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on 28/04/2010 in Design And Architecture

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: